Kamis, 28 Mei 2020

Spesifikasi Minimal HP untuk Main Game PUBG


PUBG adalah salah satu game android yang sangat populer dengan pengguna lebih dari 100 juta orang diseluruh dunia. Game PUBG juga memiliki kualitas gambar dan grafik terbaik diantara permainan sejenis. Jadi untuk memainkan permainan PUBG dibutuhkan spek minimal HP yang harus dipenuhi biar nantinya game ini tidak ngelag ataupun ada masalah saat dioperasikan.

Ada beberapa standard penting HP untuk main PUBG yang perlu diperhatikan. Jadi buat kamu penggemar game PUBG perhatikan spesifikasi ini sebelum membeli HP untuk main game PUBG.

1. Random Acces Memory (RAM)
Random Access Memory atau sering disebut RAM adalah perangkat yang ada didalam HP yang berfungsi untuk menyimpan data sementara serta berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang ada pada HP.

Mengingat kualitas graphic dan gambar pada PUBG sangat tinggi, hal ini akan sebanding dengan besarnya RAM yang dipakai saat pengoperasian Game. Jadi untuk menjalankan aplikasi game PUBG kamu diwajibkan memiliki RAM HP minimal 4GB dengan memory free diatas 20 GB.

Walaupun demikian RAM tidak menjadi satu-satunya faktor untuk menentukan apakah sebuah HP bisa digunakan untuk permainan PUBG atau tidak. Masih banyak faktor lain yang menentukan dan memperngaruhi permainan.

2. System on Chip (SoC)
System on Chip adalah satu peralatan penting yang berfungsi sebagai OTAK dalam smartphone yang berfungsi menjalankan semua sistem pada smartphone. Mulai dari prosesor, graphic, memory, sound semuanya itu dijalankan oleh SoC.

Jadi untuk setiap jenis HP itu berbeda-beda jenis SoC nya. Misalnya pada HP samsung SoC atau chipset nya dinamakan Exynos, dan ada juga beberapa smartphone samsung yang menggunakan chipset Snapdragon.

Untuk chipset Snapdragon setidaknya HP yang kamu gunakan minimal dengan seri Snapdragon 660 dengan fabrikasi 14 nanometer (nm). Untuk chipset exynos minimal seri exynos 7870 dengan fabrikasi 14 nm. Untuk SoC Mediatek: MT 6750, MT 6752, Helio P10, P20 , X10, X20. Untuk SoC Hiliscon kirin minimal seri 665. Untuk lebih baiknya bisa menggunakan spesifikasi diatasnya dengan fabrikasi sama dengan atau dibawah 14nm.

Jika masih kebingungan untuk memilih prosesor (SOC) kamu bisa pilih chipset yang ada pada gambar dibawah ini. Gambar dibawah ini adalah Ranking SOC pada smartphone yang dihimpun dari situs Techcenturion.com.

Karena SoC ibarat Otak, jadi untuk main PUBG ini ga sembarang otak (SoC) yang bisa digunakan. Jika tidak sesuai kriteria minimal, bisa bisa HP kamu cepat panas yang akhirnya jadi overheat. Kalo udah overheat sudah pasti jaringannya bakal lelet dan putus. Kalo jaringan sudah putus, HP sudah panas otomatis kata-kata mutiara yang akan keluar pada saat main game PUBG.

3. Operating System (OS)
Operating system atau yang sering disebut OS adalah perangkat lunak yang mengatur sumber daya sistem dan operasional sistem. Saya tidak membahas lebih dalam tentang OS, saya hanya akan membahas OS sebagai Platform PUBG.

Ada sistem operasional (OS) yang bisa digunakan untuk permainan PUBG yaitu Android dan IOS. Untuk android minimal versi android yang digunakan adalah versi 6.1, sedangkan untuk ios adalah Ios Versi IOS 9, CPU Intel dual core @1.3 Ghz dengan Ram 1 Gb.

4. Harga
Untuk poin Harga HP hanya poin tambahan tidak pengaruh untuk urusan permainan tetapi pengaruh ke player. Jika kamu memiliki kendala dalam budget untuk pemilihan HP saya bisa kasih beberapa rekomendasi HP dengan spesifikasi minimal terpenuhi untuk main PUBG.

Referensi HP Murah dengan spesifikasi tinggi
Kalau budget mu terbatas untuk beli HP yang bisa buat main PUBG, berikut ini akan saya kasih rekomendasi harga HP murah 2 jutaan bahkan ada yang dibawah 2 jutaan.


1. Vivo Z1 Pro
Vivo Z1 Pro salah satu rekomendasi HP dengan harga murah 2 jutaan. Berdasarkan situs id.price.co.id.com harga Vivo Z1 Pro adalah 2,3 Juta rupiah. Ini bisa jadi rekomendasi terbaik dengan harga yang lebih murah dan dengan spesifikasi yang tinggi. Berikut spesifikasi Vivo Z1 Pro.
  • RAM 4, 6 GB
  • Memori Internal 64, 128 GB
  • SoC Snapdragon 712 (10nm)
  • OS Android versi Pie 9.0
Spesifikasi yang saya lampirkan diatas adalah sebagai spesifikasi utama yang berhubungan dengan game. Sedangkan untuk spesifikasi lain seperti Camera, Ukuran dan lainya bisa kamu lihat pada market atau situs harga hp.

2. Xiaomi Note 7
Xiaomi note 7 adalah salah satu HP yang bisa digunakan untuk main game PUBG dengan standar minimal. Berdasarkan situs iprice.co.id harga HP Xiaomi Note 7 adalah 2,1 juta untuk garansi resmi TAM. Berikut spesifikasi Xiaomi Note 7.
  • RAM 4 GB
  • Memori Internal 64 GB
  • Soc Snapdragon 660 (14 nm)
  • OS android Pie 9.0, MIUI 10
Perlu diperhatikan Xiaomi yang diupgrade MIUI nya tidak bisa digunakan untuk main PUBG, karena Xiaomi yang di upgrade MIUI nya biasanya ngelag dan tidak cocok untuk dipakai main game.

 3. OPPO A31
OPPO A31 adalah hp harga 2 jutaan dengan spesifikasi yang cocok untuk gaming. Berdasarkan HPsaja.com harga OPPO A31 sekitar 2,4 juta. Berikut spesifikasi HP Oppo A31.
  • Harga 2,4 juta
  • RAM 4 GB
  • Memori Internal 128 GB
  • SOC Mediatek P35
  • OS Androi Pie 9.0
Oppo A31 bisa jadi salah satu pilihan yang tepat dengan harga yang masih dalam kategori murah untuk hp gaming. Untuk spesifikasi yang lebih tinggi sudah pasti harganya akan semakin tinggi.

4. Realme 5 Pro
HP Realme 5 Pro adalah salah satu pilihan tepat untuk main game PUBG. Harga yang masih bisa dibilang 2 jutaan dan masih terjangkau untuk kamu yang suka gamming dengan budget terbatas. Berikut spesifikasinya.
  • Harga 2,5-2,8 juta (HPsaja.com)
  • RAM 4 GB
  • Memori Internal 128 GB
  • SoC Snapdragon 712 (10nm)
  • OS Android Pie 9.0
Keempat HP diatas adalah rekomendasi yang bisa kamu pilih untuk HP gaming PUBG. Jika belum menerima kriteria yang cocok, kamu bisa mencari jenis dan harga hp pada salah satu situs harga HP.

Misalnya kamu ingin harga HP dibawah 2 jutaan, silahkan ketik di pencariaan google dengan  kata kunci "HP harga dibawah 2 juta". Maka akan muncul berbagai pilihan, pilih salah satu situs harga untuk referensi, lalu cek spesifikasi minimal seperti yang saya tuliskan.

Jika sudah menemukan silahkan cross cek harga pada situs marketplace seperti shopee, bukalapak atau tokopedia untuk perbandingan harga. Biasanya standar untuk HP gaming mulai dari 2 juta keatas.

Beberapa situs harga HP yang terkenal adalah HPsaja.com, carisinyal.com dan iprice.co.id. Pilih salah satu atau gunakan semuanya untuk pilihan lebih memuaskan.

Itulah Spesifikasi minimal HP untuk game PUBG. Spesifikasi dibawah minimal sudah pasti akan berpengaruh pada kualitas permainan dan graphic. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

Mulai blog udah lama, tapi masih gagal. Tapi saya terus akan mencoba hingga memahami dunia blog dengan benar.

0 Comments: