Sabtu, 23 Mei 2020

Ini Cara Mudah Mengambil Screenshot Layar Berbagai Macam Merk HP Android

(three finger screenshot)

Menggunakan menu Screenshot layar hp android mungkin belum pernah kalian coba. Namun jika keadaan terdesak dan tiba-tiba membutuhkan screenshot layar entah untuk bukti, atau untuk menyimpan informasi yang berharga tetapi tidak tau caranya, berikut saya berikan informasi cara screenshot layar dari berbagai macam merk hp android.

1. Tombol Power + Tombol Volume Down Bersamaan 
Pada umumnya hampir semua pemilik hp android sudah mengetahui cara screenshot ini. Akan tetapi cara ini kadang terasa agak rumit dan tidak bekerja untuk hp android tertentu. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui cara spesifik screenshot hp milik kamu.

Seperti pada judul untuk screenshot hp android pada umumnya cukup dengan menekan tombol power lalu di tambah menekan tombol volume down secara bersamaan maka otomatis hp anda akan ter screenshot. Jika tidak bekerja berikut akan saya jelaskan cara screnshort untuk berbagai macam merk hp android.

2. Cara Screenshot HP samsung
Ada berbagai cara untuk mengambil screenshot pada HP samsung, setiap seri memiliki cara yang berbeda.

a. Menyapu Layar (Palm-Swipe Gesture)
Teknik menyapu layar adalah salah satu teknik screenshot HP samsung. Tidak semua HP samsung bisa menggunakan cara screenshot ini. Merk HP yang bisa dengan teknik ini adalah HP samsung seri galaxy 4 ke atas dan seri galaxy note 3 ke atas dengan tahun keluaran HP diatas tahun 2013.

Cara melakukan screenshot dengan teknik sapu layar pertama aktifkan dahulu pengaturan screenshot untuk cara ini di menu setting, kemudian pilih motion and gesture lalu pilih palm swipe to capture box.

Setelah mengaktifkan pengaturan silahkan gunakan screenshot dengan menyapu layar menggunakan telapak tangan ke arah vertikel (seperti saat salam) dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Screenshot dengan cara ini sama dengan cara kerja mesin scan foto pada printer.

b.Teknik Tombol Power + Tombol Home Bersamaan
Cara ini hampir sama dengan cara pada poin 1, bedanya tombol volume down di ganti dengan tombol home pada hp samsung. Tunggu sampai HP samsung anda merespon, jika berhasil maka akan keluar gambar hasil screenshot sesuai dengan objek yang anda screnshort.

HP samsung yang bisa menggunakan cara ini adalah seluruh seri samsung Galaxy kecuali Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus alasannya karena Samsung S8 dan S8+ tidak memiliki tombol home fisik.

Untuk HP samsung J series (J1, J2, J3,  J5 & J7) cara screenshot menggunakan teknik tombol power + home secara bersamaan.

Khusus untuk Samsung Galaxy S8 dan S8 plus cara screenshot menggunakan tombol power dan tombol volume down.

3. Cara Screenshot HP Oppo
Teknik screenshot untuk HP oppo ada 4 cara dan bisa dipakai untuk semua jenis HP oppo. Salah satu cara screenshot oppo sama dengan poin 1 pada artikel ini jadi tidak akan saya uraikan lagi.

a. Cara Screenshot Menggunakan Tombol Power + Volume Up
Hampir mirip dengan poin 1 bedanya cuma beda pada penekanan tombol volume. Tekan tombol power + tombol volume up secara bersamaan, tunggu sampai HP oppo merespon tindakan screenshot. Jika sudah berhasil akan muncul gambar objek yang kita screenshot.

b. Screenshot Area
Pada HP oppo juga ada fitur screenshot area, dimana kita bisa mengambil gambar yang kita inginkan saja. Caranya klik tombol power + volume secara bersamaan, tunggu hingga muncul opsi screenshot area, next page dan save.

Pilih opsi screnshort area, kemudian sesuaikan area yang akan di screenshot dengan menggeser bilah yang ada lalu klik save.

c. Quick Gesture (3 Jari)
Screenshot quick gesture ini sangat mudah dilakukan, pertama aktifkan quick gesture di pengaturan screen short. Kemudian tentukan objek yang akan di screenshot, lalu usapkan 3 jari kita pada layar dari atas ke bawah. Setelah melakukan quick gesture 3 jari, maka objek otomatis akan ter screenshot.

4. Screentshort HP Xiaomi  dan HP Realme
Ada 2 cara screenshot untuk HP Xiaomi dan Realme. Cara pertama adalah screenshot menggunakan tombol power + volume down secara bersamaan. Tunggu hingga hp merespon screenshot, selesai. Kedua menggunakan quick gesture dengan menggunakan 3 jari. Kedua cara ini sudah saya jelaskan pada poin 1 (screenshot android pada umumnya) dan pada poin 3c (screenshot dengan 3 jari pada hp oppo)

Semua jenis HP Xiaomi dan Realme bisa menggunakan kedua cara ini. Untuk screenshot 3 jari jangan lupa aktifkan dulu di menu pengaturan screenshot.

5. Screenshot HP Vivo
Screen untuk HP vivo sangat bervariasi dan bisa screenshot berbagai macam bentuk hingga ada screenshot recording. Screenshot utama pada hp vivo sama dengan poin 1 yaitu menggunakan tombol power + tombol volume down secara bersamaan, tunggu beberapa saat hingga muncul gambar objek.

a. Menggunakan Menu S-Capture pada HP Vivo
Pada menu S-Capture HP vivo banyak variasi screenshot yang bisa dilakukan dengan menu ini yaitu rectangular screenshot, recording screenshot, long screenshot dan funny screenshot.

Untuk semua jenis screenshot diatas silahkan buka Menu S-Capture kemudian pilih screenshort yang ingin kamu gunakan.

  • Recording Screenshot adalah screenshot berupa video berisi rekaman kejadian pada HP vivo saat kita tinggalkan. Misalnya saat HP tertinggal dirumah, maka kita akan tau jika ada yang membuka hp tersebut dengan membuka recording screenshot.
  • long screenshot adalah screenshot yang bisa kita gunakan untuk halaman panjang seperti artikel. Misalnya kita akan mengambil salah satu artikel dari onabgame.blogspot.com, maka buka menu s-capture, pilih long screenshot, kemudian pilih next sampai ke bawah artikel, kemudian klik save, selesai.
  • Rectangular adalah screenshot berbentuk persegi yang bisa kita gunakan untuk mengambil objek tertentu. Caranya klik rectangular screenshot lalu pilih objek yang kita inginkan, selesai.
  • Funny screenshot, ada berbagai variasi dari funny screenshot yang bisa kamu gunakan yaitu shaped screenshot, doodle dan lasso. Bentuk shaped ada banyak mulai dari bentuk hati, oval dan bentuk awan. Doodle bisa kamu gunakan untuk menggambar pada layar yang akan di screenshot. Lasso, screenshot lasso akan berbentuk love berantakan.
b. Three Finger Screenshot (Screenshot menggunakan 3 jari)
Three finger screenshot atau screenshot dengan 3 jari sama dengan poin 3c pada poin hp oppo. Screen dengan cara ini menggunakan quick gesture 3 jari lalu melakukan swipe pada layar dari atas ke bawah. Jika screenshot berhasil maka akan muncul objek gambar dalam bentuk foto. 

Sebelum melakukan screenshot 3 jari silahkan aktifkan dulu pada menu pengaturan hp vivo. Ada beberapa hp yang bisa menggunakan cara ini diantaranya hp vivo y71 dan y91. 

Untuk jenis hp lainnya silahkan cek pada menu pengaturan, jika ada opsi screenshot ini berarti cara three finger screenshot bisa kamu gunakan.

6. Screenshot HP Asus
Ada 3 cara screenshot untuk HP asus, yang pertama menggunakan cara umum semua hp baca poin 1, kemudian menggunakan tombol recents app key dan  ketiga melalui menu screenshot pada quick panel setting.

(sumber gambar www.de-tekno.com)

a. Screenshot menggunakan tombol recent app keys
Untuk screenshot menggunakan tombol recent app key perlu kita setting terlebih dahulu. Silahkan masuk menu pengaturan pada device, klik asus costumized setting dibagian touch key lalu klik recent app key. Nantinya akan muncul pop up silahkan pilih tap and hold to capture screen.

(sumber gambar www.de-tekno.com)

b. Quick Panel Setting Screenshot
Pada setiap smartphone pasti ada quick panel setting dan pada setiap smartphone pasti ada juga menu quick screenshot nya. Jika cara pada poin 1 tidak bekerja dan pada cara menggunakan recents app keys terlalu rumit maka anda bisa melakukan cara screenshot ini.

Untuk pengaturan quick panel setting silahkan buka menu pengaturan lalu pilih quick setting, kemudian contreng menu yang kita anggap penting. Quick panel setting ini bisa dikatakan sebagai menu navigasi. 

Untuk melihat menu quick setting silahkan swipe ke bawah pada bagian atas layar smartphone anda, maka menu quick setting akan muncul. Biasanya menu quick setting berisi icon paket data, ikon mode pesawat, icon profil hening, icon wifi dan beberapa icon penting lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot pada berbagai jenis smartphone android. Selamat mencoba semoga bisa ya pakai screenshotnya.
Previous Post
Next Post

Mulai blog udah lama, tapi masih gagal. Tapi saya terus akan mencoba hingga memahami dunia blog dengan benar.

0 Comments: