Jumat, 31 Juli 2020

Cara Membuat Bot Whatsapp Autoreply Hanya dalam 5 Menit

Kegunaan whatsapp bisa dibilang sudah bisa menggantikan fungsi telepon biasa. Semua fitur telepon baik panggilan, SMS, kirim gambar bahkan bisa digantikan hanya dengan satu aplikasi whatsapp. Selain keperluan sehari-hari, whatsapp juga sering digunakan sebagai alat untuk kepentingan bisnis. Salah satunya adalah fitur bot auto replay whatsapp.

Apa saja sih manfaat autoreply whatsapp?
Banyak kegunaan bot autoreply whatsapp salah satunya adalah untuk membantu kepentingan bisnis dalam hal menjawab pertanyaan dasar pelanggan. Jika kita tidak aktif maka bot whatsapp lah yang akan menjawab pertanyaan dari costumer.

Perusahaan besar negara seperti BPJS juga sudah menggunakan bot whatsapp untuk membantu menyelesaikan solusi dasar dari keluhan masyarakat.

Selain untuk kepentingan bisnis bot whatsapp juga bisa digunakan untuk membuat notifikasi khusus ataupun pengumuman seperti untuk keperluan forum, grup ataupun untuk pembelajaran jarak jauh.

Bagaimana cara membuat bot autoreply whatsapp?
Cara membuat bot whatsaap auto reply ini sebenarnya sangat mudah, namun jika tidak memiliki panduan maka akan terasa rumit. Baiklah langsung saja ini tahapan membuat bot whatsapp auto reply. Cara ini khusus untuk whatsapp bisnis, hanya untuk membalas chat pelanggan jika kita dalam keadaan sibuk.

1. Instal aplikasi Auto Responder untuk whatsapp lewat google playstore.

2. Silahkan buka aplikasi maka akan muncul gambar seperti ini. Silahkan klik tanda tambah untuk membuat balasan otomatis yang kita butuhkan.
 3. Silahkan buat kata kata balasan. Misalnya jika kita set pesan yang diterima "order", maka kita set jawaban oleh bot adalah "mau order apa?".

4.  Jika sudah selesai maka kita klik tanda centang. Setelah itu segera kita aktifkan autorespon dengan cara berikut ini. Set agar tombol berwarna hijau.
5. Untuk menghapus settingan auto reply whatsapp yang kamu buat geser/slide  kotak respon ke Ulangi kembali pengaturan auto reply whatsapp jika ingin membuat respon yang baru.

Selanjutnya adalah tahap ujicoba. Silahkan menggunakan no handphone lain untuk uji coba auto responder whatsapp.  Silahkan ketik kata pesan diterima yang sesuai dengan settingan yang anda buat. Jika auto reply sesuai dengan kata yang diperintah, maka anda sudah berhasil menggunakan aplikasi auto responder whatsaap.

Jika tidak berhasil silahkan coba update versi terbaru whatsapp yang kamu miliki. Kemudian ulangi cara di atas. Jika masih belum berhasil silahkan laporkan dengan menekan tombol "tidak berfungsi?" pada bagian bawah kolom auto responder.

Walaupun tidak banyak membantu, tapi aplikasi bot whatsapp ini bisa membantu anda agar konsumen anda tidak kecewa. Dengan ini konsumen anda tetap terjaga dan tetap merasa nyaman bertransaksi dengan anda.

Untuk perusahaan berskala besar denga konsumen lebih dari ribuan, biasaya menggunakan auto reply yang lebih canggih dengan menggunakan script buatan sendiri. Jadi buat kita khusus UMKM bot whatsaapp ini sudah cukup membantu.

Untuk bot whatsapp khusus grup tidak bisa menggunakan aplikasi auto responder. Nanti akan saya update disini caranya. Biasanya bot whatsapp digunakan untuk pengumuman atau notifikasi khusus untuk para member grup. Bot khusus grup ini sangat cocok digunakan untuk bot whatsapp komunitas, sekolah ataupun kampus.
Latest
Next Post

Mulai blog udah lama, tapi masih gagal. Tapi saya terus akan mencoba hingga memahami dunia blog dengan benar.

0 Comments: