Selasa, 26 Mei 2020

10 Game Android dengan Jumlah Download Terbanyak di Dunia


Popularitas game android memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Peralihan gamers komputer/PC menjadi gamers mobile android setiap hari semakin bertambah, hingga beberapa perusahaan game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang bisa di operasikan lewat mobile smartphone.

Sekarang ribuan game bisa kita akses hanya menggunakan platform mobile android (smartphone) tanpa harus menggunakan PC. Bahkan beberapa game sudah mencapai lebih dari 100 juta download pada aplikasi google play store.

Mau tau game android apa saja yang paling banyak di download oleh pengguna smartphone? Berikut 7 game android dengan jumlah download terbanyak menurut onabgame.blogspot.com. Yuk langsung ke TKP.

1. Garena Free Fire
Free Fire adalah salah satu game esport yang merupakan kombinasi dari genre battle royal dengan TPS (three person shooter). Semua grafis yang ditampilkan pada permainan free fire adalah hasil desain sendiri dan tidak ada hasil dari plagiarisme.

Game free fire rilis pada tahun 2017 yang dikembangkan oleh perusahaan Garena. Platform yang bisa digunakan untuk permainan ini adalah android dan IOS.


Di awal peluncuran game free fire kurang mendapat sambutan, namun beberapa waktu belakangan ini pengguna free fire terus meningkat tajam. Jika dilihat dari jumlah download pada aplikasi google playstore, game free fire sudah mendapatkan lebih dari 500 juta download dengan rating 3,9 dari skala 5.

Keunggulan game ini dengan pesaing terdekatnya PUBG adalah bahwa game freefire bisa dijalankan pada smartphone dengan ram kecil hingga menengah.

2. Clash of Clan
Clash of clan adalah game android yang sangat populer pada tahun 2012-2017. Game clash of clan bergenre strategi perang, dengan animasi yang bergerak. Game ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Supercell yang bermarkas di Helsinki, Finlandia. Platform yang bisa digunakan untuk permainan ini adalah android dan ios.

COC pertama dirilis pada tahun 2012 pada platform smartphone IOS. Sedangkan untuk platform android dirilis pada tahun 2013.

Setelah muncul game seperti freefire (FF), PUBG dan mobile legend (ML), game clash of clan mulai banyak ditinggalkan oleh penggunanya. Meski demikian pengguna game clash of clan tetap masih bertahan hingga sekarang, walaupun pengguna game CoC tak sebanyak pada masa jayanya.

Game COC saya letakkan pada posisi nomor dua dibawah freefire, karena jumlah aplikasi yang terdownload untuk game COC sudah mencapai 500 Juta lebih. Rating game COC adalah 4,5 dari skala 5.

3. 8 Ball Pool Miniclip
8 ball pool adalah permainan android billiard yang sangat populer dan banyak dimainkan oeh seluruh kalangan masyarakat. Jika game seperti mobile legend, PUBG, dan Free Fire banyak dimainkan oleh anak-anak muda, maka game 8 ball pool banyak disukai oleh anak muda an orang tua.

Game 8 Ball Pool dirilis pada tahun 2010 yang diterbitkan oleh perusahaan Miniclip SA. Platform untuk permainan ini adalah android, IOS dan bisa langsung dimainkan lewat penjelajah atau browser. Selain itu perusahaan Miniclip juga banyak menerbitkan permainan dengan berbagai kategori permainan berbasis browser.

Pada game 8 ball pool menyediakan 2 jenis permainan yaitu 1 vs 1 player dan turnamen. Variasi 1 vs 1 player dan turnamen hanya pada jumlah hadiah.

Jumlah aplikasi yang terdownload untuk game 8 Ball Pool sudah mencapai 500 juta lebih dengan rating 4.4 dari skala 5. Jika kamu pecinta game billiard game 8 ball pool adalah rekomendasi yang sangat tepat untuk kamu.

4. Player Unknowns Battle Grounds (PUBG)
PUBG adalah game android dengan genre battle royal, yang para pemainnya bisa bermain dengan 100 orang secara bersamaan. Pada game PUBG kita bisa bermain solo, bermain tim dengan 2 orang, bermain tim dengan 4 orang. Bahkan pada permainan ini kita bisa bermain bersama teman dalam satu tim.

Baca Juga : Spesifikasi Minimal HP untuk Main PUBG 


PUBG dirilis lebih awal ari pada game free fire yaitu pada tahun 2016. Perancang game ini bernama Brendan Greene, dan dikembangkan oleh perusahaan bernama PUBG Corporation dan Krafton.

Menurut sebagian orang bahwa PUBG adalah game yang lebih baik dari freefire, tetapi game ini tidak bersahabat untuk smartphone dengan ram di bawah 4 Giga Byte (GB).

Jumlah download untuk game PUBG sudah mencapai lebih dari 100 juta download dengan rating 4,3 dari skala 5, jauh dibawah game freefire untuk urusan download. Platform untuk permainan PUBG adalah android, tidak mendukung untuk platform IOS.

5.Mobile Legend (ML)
Mobile legends adalah adalah salah satu game populer multi player yang akan mempertemukan dua tim dalam satu arena perang. Game ini juga termasuk alam game animasi bergerak yang sering disebut dengan MOBA.

Mobile Legends Bang Bang dirilis pada tahun 2016 yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Montoon. Game ini juga sudah termasuk kedalam cabang eSport bersama dengan game popular lainnya seperti DOTA2 dan PUBG.

Namun banyak yang disayangkan dari game ini, banyak karakter pada game ML yang menjiplak karakter dari game yang bernama league of legend. Mulai dari skill hingga SKIN. Selain karakter banyak juga SKIN hasil plagiarisme dari berbagai film dan anime.

Salah satu negara pengguna terbesar untuk game mobile legens adalah indonesia. Selain itu Indonesia juga termasuk dalam pengguna terbesar game popular lainnya seperti free fire dan PUBG.

Jumlah download untuk aplikasi Mobile legends sudah mencapai lebih dari 100 juta download dengan rating 4,2 dari skala 5. Platform yang digunakan untuk permainan ini adalah platform android dan IOS.

6. Call of Duty (COD)
Call of duty adalah salah satu game android ber genre perang menggunakan senjata. Dalam bahasa inggris genre permainan ini disebut first person shooter yang bisa juga dikategorikan kedalam genre arena. Mode permainan ada single player dan ada juga mulyiplayer.

Pada awalnya game ini terinspirasi dari perang dunia kedua, sehingga terciptalah game dengan basic persenjataan dan peperangan.

Game call of duty suah ada sejak tahun 2003 dan berbagai versi sudah dikeluarkan oleh game ini. Game ini diterbitkan oleh perusahaan asal Jepang bernama Activision dan Square enix. Pengembang game ini adalah perusahaan bernama infinity ward.

Platform game ini untuk yang versi mobile bisa diakses melalui android, sedangkan untuk versi selain android bisa menggunakan PC, Nintendo DS, playstation (2,3,4), Wii an Wii U. Jumlah download aplikasi untuk game COD sudah mencapai lebih dari 100 juta download dengan rating 4,4 dari skala 5.

7. Clash Royale
Clash Royale adalah salah satu game populer android dengan animasi bergerak yang menyediakan mode permainan 1 vs 1 player dan 2 vs 2 player. Game clash royal dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan Clash of Clan bernama Supercell.


Inti permainan pada game clash royal adalah pengumpulan kartu hero sebagai tower defense dan juga sebagai penyerang. Game Clash Royale juga bisa dikatergorikan sebagai game strategi, sangat menarik bukan?

Game clash royal dirilis pada tahun 2016 setelah game clash of clan. Walaupun harus bersaing dengan game populer seperti Free Fire, PUBG dan Mobile Legends, game Clash Royale masih tetap memiliki pengguna tersendiri.

Jumlah download untuk aplikasi Clash Royal pada aplikasi google play store adalah 100 Juta + dengan rating 4,3 dari skala 5. Itu artinya game clash royale tidak kalah menarik dari game seperti mobile legends dan PUBG.

8. Hago
Hago adalah salah satu aplikasi android yang menyediakan berbagai macam game online.  Berbagai macam genre ada di Hago mulai dari mode pertarungan 1 vs 1 player dan ada juga game yang berbasis multiplayer.

Game-game yang ada di hago sangat bervariasi dan unik. Ada game kuis, asah otak, tennis versi graphic jadul dan banyak game seru lain. Keunggulan lainnya game ini menyediakan chat khusus antar pemain, dan bisa voice call juga loh!

Jumlah download aplikasi Hago berdasarkan pada aplikasi google playstore sudah mencapai lebih dari 100 juta unduhan dengan rating 4,1 ari skala 5. Ini menunjukkan permainan pada aplikasi Hago sangat menarik dan banyak dinanti oleh pengguna.

9. Top Eleven
Top Eleven adalah game bertema sepak bola yang cukup populer dan banyak disukai oleh gamers sekaligus fans sepak bola. Pada game ini kita akan bertugas sebagai manager yang akan mengatur tim dan pemain.


Tidak tanggung-tanggung perusahaan Nordeus sebagai pengembang game ini, rela menyewa Jose Mourinho sebagai bintang iklan sekaligus sebagai game brand untuk top eleven.

Top eleven dirilis tahun 2010, saat itu hanya bisa diakses melalui login facebook. Saat ini game top eleven bisa dimainkan lewat platform browser, android dan IOS. Untuk jumlah download, game top eleven sudah mencapai lebih dari 50 juta download dengan rating 4.4 dari skala 5.

10. Arena of Valor (AOV)
Arena of Valor atau yang sering disebut dengan AOV adalah game dengan kategori arena pertarungan-multiplayer yang sama dengan mobile legends. Game AOV diterbitkan oleh perusahaan Garena dan Tencent Games dan dikembangkan oleh perusahaan Timi Studio Grup, Tencent Games dan Proxima Beta pte. Ltd.

AoV rilis pada tahun 2016 dan pesaing game ini adalah Mobile Legends Bang Bang. Walaupun popularitas AoV tidak sebesar game ML, tetapi game AoV tidak pernah memiliki masalah dengan tindakan plagiarisme ataupun hak cipta. Sangat profesional!

Jumlah pengunduh untuk aplikasi permainan Arena of Valor sudah lebih dari 10 Juta unduhan dengan rating 3,5 dari skala 5. Platform permainan yang bisa digunakan untuk permainan ini adalah android, IOS dan Nintendo Switch.

Itulah game online dengan download terbanyak di dunia versi onabgame. Jika menurutmu masih ada game lain dengan jumlah terbanyak yang tidak dicantumkan silahkan posting dikomentar nama gamenya ya. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

Mulai blog udah lama, tapi masih gagal. Tapi saya terus akan mencoba hingga memahami dunia blog dengan benar.

0 Comments: