Minggu, 07 Juni 2020

5 Hal yang perlu diperhatikan dalam Memilih HP Gaming


Memilih HP gaming ternyata tidak boleh sembarangan, banyak yang berfikir semakin besar RAM dan penyimpanan sebuah HP, maka semakin bagus untuk digunakan bermain game. Ternyata pemikiran itu salah besar dan tidak banyak pengaruhnya terhadap pemilihan hp gaming.

Random Access Memory atau RAM dan ROM memang harus besar, tapi itu tidak mutlak sebagai syarat dalam pemilihan HP gaming. Masih banyak pertimbangan lain yang harus diketahui, bisa saja RAM dan memori penyimpanan besar (ROM) tetapi ada yang tidak cocok untuk gaming. Berikut ini pertimbangan yang harus diketahui sebelum membeli  hp gaming.

1. System On Chip (SOC)
System on chip (SOC) atau sering disebut chip adalah otak pada smartphone untuk mengoperasikan sistem pada android. Jika diibarat maka sama seperti "manusia punya otak untuk mengendalikan tubuh", maka smartphone punya chipset untuk mengendalikan mesin dan sistem.

Semakin tinggi chipset sebuah smartphone, maka akan semakin bagus untuk dijadikan hp gaming. Jika dalam permainan hal yang sangat kita butuhkan adalah graphic, sensitifitas dan kecepatan prosesor. Jika semua itu tidak mendukung maka sudah pasti permainan game anda bisa jadi lambat, sering error, hang, tidak menarik dan ngelag (lambat).

Kerusakan fatal jika chipset tidak mendukung adalah HP blank, cepat panas dan mati sendiri. Maka anda diwajibkan memiliki HP dengan chipset kualitas terbaik.

Ada beberapa jenis chipset yang ada di smartphone yaitu Snapdragon, Exynos, mediatek, Nvidia Tegra, Kirin, Helio dan Bionic (Apple).

Apa spesifikasi minimal SOC dalam pemilihan HP Gaming?
Setiap smartphone sudah pasti ada SOC atau chipsetnya. Namun untuk gaming ada SOC minimal yang harus dipenuhi. Berdasarkan situs www.techcenturion.com, ini 30 peringkat terbaik SOC pada bulan maret tahun 2020.
Pada gambar diatas dapat kita lihat 30 besar SOC pada smartphone. Untuk melihat 122 besar silahkan masuk ke situs yang saya lampirkan diatas.

Jadi untuk pemilihan SOC minimal akan saya buat berdasarkan SOC dengan peringkat terbawah. Berikut ini spesifikasi minimal SOC yang harus dimiliki HP gaming sebelum dibeli.
  1. Mediatek - MT 6732 Contoh HP Acer Liquid Jade Z
  2. Snapdragon 410 - Xiaomi Redmi 2
  3. Kirin 620 - Huawei P8 Lite
  4. Exynos 7570 - Samsung Galaxy J5 Prime
  5. Helio X10 - HTC One E9
  6. Helio P10 - ZTE Nubia N1
  7. Apple A7 - Iphone 5s
Data diatas adalah standard SOC minimal, jadi sebelum memilih HP silahkan periksa SOCnya terlebih dahulu. Jika sudah memenuhi standard minimal maka HP tersebut sudah bisa kamu gunakan untuk gaming.

Standard lain yang perlu kamu perhatikan adalah teknologi fabrikasi SOCnya. Pilih yang fabrikasi dibawah 14 nm. Jika tidak ada yang sesuai dengan SOC minimal maka kamu bisa pilih fabrikasi 28 nm. Semakin kecil ukuran fabrikasi maka akan semakin bagus graphic sebuah HP.

Semakin tinggi SOC sebuah HP maka otomatis semakin kecil  fabrikasinya dan semakin kecil tinggi pula kecepatan prosesornya. Jadi saya tidak akan menjelaskan prosesor, karena sejalan dengan SOC.

2. Ukuran HP
Ukuran HP juga sangat berpengaruh untuk gaming di hp android. Jadi untuk hp gaming pilih ukuran HP yang cukup besar dan tidak terlalu kecil. Hal ini tidak ada pengaruh kedalam kecepatan HP, tetapi berpengaruh kepada kenyaman dalam bermain Game. Jika HP terlalu kecil akan terlalu sulit untuk digerakkan ditambah lagi gambar permainan yang kecil akan semakin mengganggu konsertasi permainan.

Pilih HP setidaknya berukuran minimal 5 inci. Pengalaman saya, dengan HP ukuran dibawah 5 inci sangat tidak nyaman, bahkan sering terjadi salah tekan yang mengakibatkan game keluar dan harus restart dari awal lagi.


3. RAM dan ROM
RAM dan ROM memang tidak menjadi dasar pemilihan hp gaming. Tapi ada kalanya RAM dan ROM akan sangat berpengaruh. Misalnya pada game android online seperti Mobile Legend atau PUBG, dibutuhkan tempat penyimpanan untuk mendownload patch game yang bisa mencapai 2-3 GB. Jika memori penyimpanan kecil akan sangat sulit untuk mengoperasikan game game android seperti ini.

Setidaknya RAM yang dibutuhkan untuk HP gaming minimal 3GB dengan ROM di atas 32 GB. Jika RAM dibawah 3 GB dan ROM di bawah 32 GB maka sudah pasti game yang bisa kita mainkan terbatas tentunya memori internal akan cepat habis.

4. Baterai HP
Banyak orang tidak mempertimbangkan baterai untuk membeli HP gaming. Mengapa saya memasukkan baterai sebagai salah satu pertimbangan? Alasannya karena,  untuk memainkan game di android harus memiliki baterai yang awet, irit dan tahan lama.

Jika baterai boros maka kita akan sering bermain sambil melakukan pengisian baterai, hal ini akan sangat berdampak pada kondisi HP, seperti HP cepat panas dan tidak nyaman kareana kabel charger yang sering menjadi penghalang dan juga baterai hp cepat bengkak (soak). Baterai yang awet membuat kita bisa bermain lama tanpa melakukan charging dan pastinya hp menjadi awet.

HP dengan daya tahan baterai tinggi menurut saya HP merk oppo, sedangkan untuk pengisian cepat anda bisa memilih VIVO. Untuk harga murah bisa pilih xiaomi. HP untuk gengsi kamu bisa pilih samsung.

5. Harga
Untuk harga HP ini hanya syarat relatif bagi pemilik budget terbatas. Ada harga HP di atas 2 juta tetapi memiliki chipset rendah dan ada juga harga hp dibawah 2 jutaan tetapi memiliki chipset yang tinggi.

Untuk menentukan hp terbaik dengan budget minimal, anda perlu membandingkan harga dari berbagai situs harga HP untuk mendapatkan hp gaming terbaik.

itulah beberapa pertimbangan sebelum membeli HP gaming. Hal ini bisa menjadi acuan pemilihan merk dan tentunya dengan harga yang sesuai. Silahkan dicoba cara ini untuk mendapatkan HP gaming terbaik, semoga berhasil.
Previous Post
Next Post

Mulai blog udah lama, tapi masih gagal. Tapi saya terus akan mencoba hingga memahami dunia blog dengan benar.

0 Comments: