Rabu, 24 Juni 2020

Derita Pemilik HP Kentang

Istilah HP kentang memang seringkali kita dengar dari celetuk teman-teman terdekat kita saat main bareng (mabar) atau saat ngopi bareng. Apa sih sebenarnya arti dari kata HP kentang?

HP kentang sering dimaksudkan untuk menyebut HP dengan spesifikasi rendah atau pas-pasan dan sering mengalami error jika dipakai main game android. Bisa dikatakan, HP kentang sebagai HP dengan segudang masalah baik dalam hal penyimpanan, grafik dan kecepatan GPU.

Spesifikasi HP Kentang
Biasanya HP kentang tidak nyaman digunakan untuk bermain game android. Jika dispesifikasikan maka kategori HP yang termasuk HP kentang adalah sebagai berikut.
  1. Biasanya HP keluaran lama 
  2. RAM 2GB ke bawah
  3. ROM 16GB ke bawah
  4. Chipset Rendah, biasanya memiliki chipset qualcomm snapdragon dan mediatek. Untuk snapdragon kategori HP kentang di bawah seri snapdragon 400.
  5. Kecepatan GPU rendah biasanya 1.0 GHz ke bawah.
  6. Versi android biasanya versi 6.0 ke bawah.
  7. Kapasitas Baterai Kecil
Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih HP Gaming
Jika smartphone anda masih memiliki ciri-ciri seperti diatas, bisa dikatakan HP anda termasuk golongan HP kentang. Saran saya jangan gunakan HP kentang untuk bermain game online dan game berat kategori battle royal, game shooter  dan Role Playing Game (RPG).

Jika anda tetap memaksakan HP kentang untuk bermain game online android dan game berat maka berikut dampak negatif yang akan anda rasakan.
  1. Game menjadi lambat, sering terjadi error dan keluar aplikasi game
  2. HP jadi cepat panas, berat dan lambat.
  3. Memori HP menjadi penuh karena ROM yang tersedia sangat minimalis.
  4. Sering nampak tulisan "Ruang penyimpanan anda hampir habis"
  5. HP menjadi blank, yang terburuk HP anda bisa mati sendiri tanpa di shut down.
  6. Jika HP cepat panas maka otomatis batre akan cepat soak.
Agar HP anda terbebas dari masalah diatas ada baiknya untuk mengurungkan niat bermain game online android dan ganti game anda menjadi game offline ringan.

Game untuk HP Kentang
Jika anda pemilik hp kentang, jangan khawatir sebenarnya masih ada beberapa game yang bisa anda coba. Berikut saran game untuk HP sepsifikasi minimalis.

1. Free fire
Walaupun masih kategori battle royal, free fire adalah game online android yang masih bisa dimainkan lewat HP kentang. Free Fire adalah salah satu game android dengan jumlah download terbanyak di dunia. Berdasarkan data google play store game free fire sudah di download lebih dari 500 juta download.

Grafik permainan game free fire sudah cukup bagus, jadi tidak ada salahnya kamu coba untuk main game ini.

2. Game Online Ringan
Walaupun HP spesifikasi rendah, tetapi masih banyak game online yang masih bisa kita mainkan, syaratnya game tidak memiliki grafik yang tinggi dan tidak membutuhkan banyak memakan memori internal penyimpanan.

Contoh game online ringan yang masih bisa dimainkan lewat hp kentang yaitu 8 ball pool, higgs domino, game catur, game cacing, game hago dan masihg banyak game ringan lainnya yang masih bisa dimainkan.

Game online yang tidak direkomendasikan untuk HP kentang adalah PUBG, Fortnite, Call of Duty, Dragon Raja Sea dan game berat lainnya.

Game online yang masih bisa dioperasikan (50:50) yaitu game mobile. Game Mobile legend masih bisa di install tapi akan memakan banyak memori penyimpanan. Jika menginstall game ini sudah pasti kamu tidak akan bisa menginstal game lainnya.

Game lainnya yang termasuk kategori (50:50) adalah Clash of Clan, Clash Royal, Top Eleven  dan Aov.

3. Game Browser
Game browser adalah game dengan gambar 2 dimensi yang bisa diakses lewat broser. Biasanya kategori game browser adalah simulasi dan strategi. Banyak game online berbasis brower yang bisa kita mainkan. Contohnya Travian, Tribal Wars dan Top Eleven.

4. Game Offline
Hp dengan spesifikasi minimal masih bisa digunakan untuk bermain game offline. Tetapi tidak direkomendasikan untuk mendownload banyak game offline, karena akan memakan banyak ROM internal HP.

Jika ROM internal habis atau tinggal sedikit, biasanya HP yang kita miliki akan senakin lambat dan berat, untuk itu ada baiknya kita mengontrol game yang akan kita mainkan. Selain itu jika memori penyimpanan habis maka akan sering muncul tulisan "Ruang penyimpanan anda hampir habis. Jika sudah demikian anda dipaksa untuk menghapus beberapa file baik itu foto, video ataupun aplikasi.

Derita Pakai HP Kentang
Selain sulit digunakan untuk gaming, masih banyak derita yang sering kita alami saat menggunakan HP kentang, apa saja?

1. Tidak bisa simpan banyak file (aplikasi)
Selain untuk game, tentunya ada fungsi lain smartphone atau HP yang kita gunakan. Contohnya untuk penyimpanan file berharga seperti foto, video dokumentasi ataupun file musik. Dengan hanya memiliki HP kentang, kita tidak memiliki kebebasan untuk semua itu. Alasanya karena memori penyimpanan yang tersedia terbatas.

Contohnya saja saya memiliki HP dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Untuk sistem dan aplikasi bawaan HP sudah memakan ruang penyimpanan sebanyak 11 GB. Jadi ROM yang tersisa hanya 5 GB. Untuk game mobile legend memakan 3,3 GB ruang penyimpanan, sisa hanya 1,7 GB. Belum lagi ditambah aplikasi media sosial seperti facebook, whatsapp dan telegram.

Jadi saya tidak memiliki ruang penyimpanan untuk file lain seperti foto, video dan musik sangat tidak mengenakkan.

2. Sering Diledekin
Parahnya lagi sering diledekin oleh teman-teman sepermainan. Saat mereka memainkan banyak permainan menarik seperti PUBG dan game top lainnya, apa daya kita cuma bisa mainkan 1 game saja.

Walaupun hanya sekedar celetuk atau gurauan,  punya hp kentang memang ga enak guyss. Tapi buat kamu HP yang bukan untuk game tidak perlu merasa minder, karena setiap orang memiliki HP dengan fungsi dan tujuan masing-masing.

3. Kualitas Kamera Kurang Bagus
Salah satu tujuan memiliki HP adalah untuk mendapatkan kamera yang bisa digunakan untuk foto selfi ataupun merekam video. Biasanya pemilik HP kentang jarang posting foto di media sosial karena takut di cemooh, soalnya foto yang dihasilkan biasanya tidak jernih dan pecah.

Bagi pecinta selfi dan media sosial sebaiknya cepat-cepat deh move on ganti HP nya, sebelum ketinggalan zaman.

4. Sering Mengalami Crash Aplikasi
Salah satu yang paling membuat tidak  nyaman pakai hp kentang adalah crash pada saat buka aplikasi. Misalnya nih kamu lagi edit video atau foto, tiba-tiba aplikasinya crash dan harus restart aplikasi, sudah pasti kamu akan kesel karena video hasil editan kamu tidak akan tersimpan. Mulai dari awal lagi, capek dehhh!

Crash pada aplikasi ini biasanya disebabkan karena prosesor berjalan lambat dan ruang penyimpanan penuh. Otomatis saat ruang untuk penyimpanan penuh, mau ga mau aplikasi harus tutup karena tidak ada ruang untuk pengoperasian aplikasi tersebut.

Itulah spesifikasi dan game yang cocok untuk pemilik hp kentang. Walaupun banyak derita yang harus kita lalui, setidaknya kita harus tetap bersyukur masih bisa menikmati teknologi yang Tuhan Ciptakan.
Previous Post
Next Post

Mulai blog udah lama, tapi masih gagal. Tapi saya terus akan mencoba hingga memahami dunia blog dengan benar.

0 Comments: