Jumat, 22 Mei 2020

Perhatikan 3 Tips Beli Handphone Bekas Ini Saat COD Biar Nantinya Ga Nyesal


Mau Beli hp bekas saat COD kadang membuat kita bimbang, apakah nantinya barang yang akan kita beli masih bagus atau ada kerusakan.  Agar hal ini tidak terjadi berikut tips beli handphone bekas biar nantinya ga nyesal.

1. Periksa Harga Pasaran HP
Ada baiknya sebelum melakukan transaksi cash on delivery (COD) kita mencari tau dahulu harga pasaran hp yang akan kita beli. Dengan memeriksan harga pasaran maka nantinya akan memepermudah untuk melakukan penawaran dengan harga wajar atau lebih murah.

Cara periksa harga pasaran kamu bisa periksa harga di marketplace, forum jual-beli hp dan grup jual-beli lokal yang ada di facebook.

2. Periksa Fisik HP
Hal yang paling penting sebelum membeli hp bekas adalah memeriksa kondisi hp. Untuk mengetahui kekurangan dan kerusakaan hp kita harus memeriksa beberapa hal. Berikut ini hal yang harus diperiksa pada fisik hp sebelum bertransaksi.

a. Kondisi Baterai
Jika melakukan transaksi jual-beli langsung kita akan sering menjumpai handphone dengan daya baterai rendah. Hal ini bisa jadi menandakan hp yang akan kita beli mengalami kerusakan pada batre (batre soak).

Untuk mengatasi trik penjual ini silahkan lakukan pengisian ulang daya baterai yang akan kita beli hingga 50%. Kemudian aktifkan paket data selama 15 menit, lalu periksa sisa daya baterai. Jika daya baterai drop lebih dari 15% sudah bisa dipastikanbahwa  hp yang akan kita beli batrenya soak.

b. Periksa keyboard hp
Kayboard adalah salah satu menu utama yang tidak bisa lepas dari hp dan sangat fatal jika mengalami kerusakan. Untuk itu silahkan cek keyboard hp yang akan kita beli baik secara lanscape ataupun biasa.

Periksa setiap tombol dan huruf, jika ada tombol yang tidak bisa di tekan, atau sedikit lari, kemungkinan terjadi kerusakan pada LCD hp.

c. Periksa Charger (konektor charge ke hp)
Sama halnya dengan periksa baterai, periksa kondisi konektor juga sangat penting. Terkadang penjual nakal tidak memberi tau semua kekurangan hp yang akan dijual.

Untuk memeriksa konektor charger silahkan lakukan pengisian batre selama 15 menit lihat apakah daya hp bertambah atau tidak. Jika tidak bertambah sudah bisa dipastikan bahwa konektor hp yang akan kita beli mengalami kerusakan.

d. Periksa Speaker HP dan speaker telpon
Sebelum membeli ada baiknya kita memeriksa speaker musik dan speaker telpon. Untuk memeriksa speaker musik silahkan putar 1 musik dan dengarkan apakah suara terdengar jernih atau pecah.

Untuk periksa speaker telpon silahkan telpon nomor lain untuk memeriksa, jika suara jernih berarti tidak ada masalah dengan speaker telpon.

e. Periksa Kamera HP
Untuk memeriksa kamera hp silahkan gunakan semua fitur, foto salah satu objek tanpa flash, kemudian foto dengan flash. Periksa gambar apakah buram, jernih ataupun biasa. Jika tidak sesuai dengan yang seharusnya maka bisa disimpulkan kamera hp si penjual mengalami masalah.

Periksa juga kamera luar, apakah banyak goresan atau tidak. Salah satu alasan seseorang menggunakan smartphone karena alasan camera dengan kualitas gambar yang sangat bagus. Jadi jika camera gores atau buram kemungkinan harga jika hp di jual lagi akan sangat jatuh.

f. Periksa Hotspot atau WiFi
Fitur hotspot dan wifi juga menjadi fitur yang sangat penting untuk dicek. Cara mengecek Silahkan menggunakan hotspot atau wifi dari luar lalu hubungkan ke smartphone yang akan kita beli. Jika sukses berarti tidak ada masalah dengan hotspot dan wifi.

g. Periksa Kecepatan HP dan Sistem android
Seperti kasus hp xiaomi, saat kita upgrade MIUI ke versi terbaru maka loading hp kita akan semakin lambat dan ngelag apa lagi saat bermain game dengan kapasitas besar seperti PUBG, Mobile Legend ataupun Frefire.

Jika ketemu dengan hp xiaomi bekas yang sudah upgrade MIUI maka sebaiknya anda batalkan niat untuk membelinya. Berikut alasannya.

Pengalaman saya menggunakan HP Xiaomi yang upgrade MIUI nya.
1. Loading browser menjadi lama, sensitifitas berkurang dan sistem menjadi ngelag.
2. Kecepatan internetnya berkurang dan hp sering cepat panas
3. Saat main game mobile legend sering keluar sendiri dan ngelag ditengah permainan.

Periksa juga sistem android apakah sudah pernah di root atau tidak. Untuk mengecek hp yang udah di root atau belum silahkan periksa aplikasi bawaan Smartphone. Jika ada yang hilang bisa jadi hp sudah di root.

h. Cek Originalitas HP
Cek ke aslian hp juga sangat penting, apakah hp yang kita beli adalah asli ataupun replika. Untuk mengecek silahkan matikan smartphone lalu hidupkan kembali . Jika pada saat menghidupkan ada tulisan android dan logo hp maka sudah bisa dipastikan hp yang ingin anda beli asli.

Selain itu, ada cara lain yang bisa digunakan untuk menentukan originalitas hp. Berikut ini cara menentukan originalitas dari berbagai merk hp.

1.Samsung
Untuk memeriksa originalitas hp samsung kamu bisa menggunakan LCD test, caranya ketik *#0*#. Beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan setelah mengetik *#0*# adalah informasi layar sentuh, camera, suara, getaran dan warna ponsel.

Selanjutnya untuk mengecek spesifikasi sangsung ketik *#*#4636#*#* maka akan muncul spesifikasi dari handphone kamu. Jika tidak keluar maka sudah bisa dipastikan HP Tiruan atau KW.

2. Sony
Pengecekan hp sony bisa dilakukan dengan mengetik *#*#7378423#*#*, jika tidak ditemukan menu seperti touch, getaran, speaker dan menu lainnya sudah bisa dipastikan hp tersebut replika.

3. Oppo
Cara pengecekan untuk smartphone oppo silahkan dial *#06# kemudian akan muncul nomor imei sebanyak dua seri. Selanjutnya lakukan pengecekan pada kotak smartphone dan situs IMEI dibawah. Jika spesifikasi tidak sesuai berarti palsu.

Untuk mengecek originalitas yang umum digunakan biar lebih mudah adalah menggunakan imei hp. Silahkan buka alamat www.imei.info lalu masukkan nomor IMEI hp maka akan muncul spesifikasi hp. Cocokkan spesifikasi hp dengan informasi yang ada pada situs imei, jika tidak sesuai sudah pasti palsu.

3. Nego Harga
Setelah periksa semua fisik dan kelengkapan hp, maka kamu sudah bisa mempertimbangkan dan nego harga yang pas dengan mempertimbangkan minus hp.

Untuk mempermudah anda saya akan Menggunakan data dari poin 1a hingga-1g untuk menentukan kategori hp menjadi dua bagian. Pertama kategori rusak berat dan kategori rusak ringan. Selanjutnya kategori bisa kamu gunakan untuk menentukan harga ataupun jadi tidak nya transaksi COD jual beli hp bekas anda.

Kategori A Rusak Fatal
Jika terdapat permasalahan pada poin a,b,c,g dan h maka saya sarankan untuk membatalkan transaksi, karena poin pada a,b,c,g dan h bisa saya kategorikan hp dengan kerusakan sangat parah, fatal dan tidak bisa ditoleransi.

Kategori B Rusak Ringan
Kerusakan hp pada poin d,e,f saya kategorikan sebagai kategori rusak ringan, tidak banyak mempengaruhi kemudahan saat menggunakan hp.

Jika HP mengalami keruskan pada salah satu poin d,e atau f, kamu tetap bisa melakukan transaksi dengan pertimbangan kerusakan tersebut. Tentunya harga yang akan anda dapatkan bisa lebih murah sesuai kesepakatan.

Memang untuk melakukan ke tiga hal di atas akan memakan waktu yang lama. Demi kebaikan dan kenyamanan anda cara ini adalah cara yang efektif biar nantinya kamu tidak mengalami kerugian saat membeli hp bekas.
Previous Post
Next Post

Mulai blog udah lama, tapi masih gagal. Tapi saya terus akan mencoba hingga memahami dunia blog dengan benar.

0 Comments: